Kamis, 24 Desember 2009

TIME DELAY



TIME DELAI

Time delai adalah saklar penunda waktu yang di gunakan sebagai alat Bantu system pengendali.

Prinsip kerjanya berdasarkan elektromagnetik yang mana sesuai dengan settingan waktu, maksudnya timer tersebut dapat bekerja jika settingan waktu yang telah di tentukan tercapai sehingga mengakibatkan merubah kontak ( NC – NO ,dan NO – NC )

Time relai terbagi menjadi 2 :

@ Time relai ON

@Time relai OFF

OVER LOAD RELAI (TOR)

Over load relai adalah peralatan control listrik yang berfungsi untuk memutuskan jaringan listrik jika terjadi beban lebih pada motor listrik. Listrik akan putus bila arus yang melewat lebih besar dari setting arus yang tentukan

TOR terbagi menjadi 2 jenis :

@ TOR berdasarkan panas timah

@ TOR berdasarkan BIMETAL

Relai adalah suatu peranti yang menggunakan elektromagnet untuk mengoperasikan seperangkat kontak sakelar. Susunan paling sederhana terdiri dari kumparan kawat penghantar yang dililit pada inti besi. Bila kumparan ini dienergikan, medan magnet yang terbentuk menarik armatur berporos yang digunakan sebagai pengungkit mekanisme sakelar.

1. Berdasarkan cara kerja

  1. Normal terbuka. Kontak sakelar tertutup hanya jika relai dihidupkan.
  2. Normal tertutup. Kontak sakelar terbuka hanya jika relai dihidupkan.
  3. Tukar-sambung. Kontak sakelar berpindah dari satu kutub ke kutub lain saat relai dihidupkan.
  4. Bila arus masuk Pada gulungan maka seketika gulungan,maka seketika gulungan akan berubah menjadi medan magnit.gaya magnit inilah yang akan menarik luas sehingga saklar akan bekerja

2. Berdasarkan konstruksi

  1. Relai menggrendel. Jenis relai yang terus bekerja walaupun sumber tenaga kumparan telah dihilangkan.
  2. Relai lidi. Digunakan untuk pensakelaran cepat daya rendah. Terbuat dari dua lidi feromagnetik yang dikapsulkan dalam sebuah tabung gelas. Kumparan dililitkan pada tabung gelas.

PUSH BUTTON


PTM (push to make) switch | NOPB (normaly-open push-button)


PTB (push to-break) switch) | NCPB (normaly-close push-button)



Saklar tekan, tombol atau kancing-tekan (push button) adalah saklar yang beroperasi dengan cara ditekan, dan jenis berbeda melakukan dua fungsi berbeda, dimana,

PTM (push to make) switch | NOPB (normaly-open push-button) adalah tombol menutup sirkuit bila ditekan, dan

PTB (push to-break) switch) | NCPB (normaly-close push-button) adalah tombol yang membuka sirkuit bila ditekan. Jika tekanan dilepaskan atau terjadi tekanan berikutnya, maka akan menormalkan kembali tombol ke posisi semula dan sirkuit kembali ke status semula.

Main Circuit Breaker

Main Circuit Breaker (MCB), pemutus hubungan listrik secara otomatis bilamana daya/tegangan melampaui standar yang ditentukan .Gunanya untuk mencegah terjadinya korsleting/hubungan pendek ataupun kerusakan peralatan listrik akibat melonjaknya tegangan listrik. Pada rumah model lama, pemutus arus listrik ini berupa fuse (sekering) yang sudah tidak praktis lagi, karena bilamana putus, harus mengganti sekering tersebut. Dengan adanya MCB maka setiap kali arus listrik over sehingga circuit terputus, sesudah instalasi normal kembali maka untuk menghidupkan listrik cukup dengan menekan tuas/saklar pada mcb.

MCB ada yang dipasang pada box meteran PLN (putih dengan tuas warna biru dan bersegel PLN) adalah piranti untuk mengamankan arus yang masuk ke dalam gedung/rumah. Sedang MCB di dalam rumah (instalasi sesudah box meteran PLN) biasanya tuasnya berwarna hitam, adalah pembagi arus listrik menjadi beberapa zone sesuai kebutuhan masing-masing cabang. Untuk keamanan (terutama bagi gedung bersifat publik) umumnya MCB ini dipasang dalam kotak panel yang terkunci.

Untuk mencegah penggunaan MCB yang kurang baik kualitasnya, peraturan kelistrikan mengatur agar MCB yang digunakan memenuhi standar industri, di Indonesia digunakan standar SNI.

PENDAHULUAN

Laporan ini menyajikan sebuah sistem pengembangan ALAT PENGENDALI yang dikembangkan oleh laboratorium Sistem Kontrol, Jurusan Teknik Elektro, Di SMK NEGERI 2 CIMAHI. Sistem ini terdiri dari perangkat keras yaitu MCB, TIME DELAI, RELAY, LAMPU DAN PUSH BUTTON. Sistem pengendali digunakan untuk mengembangkan sistem berbasis TEKNIK ELEKTRONIKA. Penggunaan MCB sangat membantu proses rancang bangun sistem kendali terutama bagi Pemula yang berminat menekuni teknik kendali yang relatif baru ini. Sistem PetraFuz diharapkan dapat memberikan kontribusi positip bagi masyarakat sistem kendali untuk mengembangkan berbagai aplikasi kendali berbasis elektronika.

ALAT DAN BAHAN

· Papan panel

· Kabel

· Tespen

· Avometer

· Obeng

· Lampu

· Relai

· Time Delai

· Push button

· Tang Potong

· MCB

LANGKAH KERJA

· Siapkanlah alat dan bahan yang akan di gunakan

· Cek alat dan bahan

· Pasanglah rangkaian pada papan panel sesuai dengan gambar rangkaian

· Cek ulang

· Jika sudan benar maka cobalah dengan menggunakan supply

K 3 (KESEHATAN,KESELAMATAN,KERJA)

Keselamatan dalam bekerja keselamatan dalam melakukan aktivitas terutama dalam melakukan pekerjaan merupakan prioritas utama dalam setiap pekerjaan. Bahaya yang di akibatkan oleh listrik dapat menyebabkan luka yang serius,bahkan dapat menyebabkan kematian.

Dalam dunia industry biasanya terdapat kode warna keselamatan kerja diantaranya :

1 MERAH

Yang berarti menandakan bahwa alat mudah terbakar dan pelengkapan perlindungan bahaya kebakaran (TABUNG yang mudah terbakar,TOMBOL dan saklar darurat).

2 KUNING

Yang berarti menandakan akan perhatian dan bahaya fisik.

3 ORANGE

Yang berarti menandakan bagian yang berbahaya dari mesin bekerja.

4 UNGU

Yang berarti menandakan bahaya radiasi

5 HIJAU

Yang berarti menandakan lokasi peralatan pengamanan (P3K)

ANALISA KESALAHAN

· Jika terjadi konslet maka cepatlah ambil tindakan untuk memutuskan arus yang mengalir dengan meng-OFF kan MCB

· Cek lah kembali (MENGANALISA KESALAHAN)

· Setelah semua sudah benar cobalah kembali.

KESIMPULAN

Dalam dunia industry factor kesalahan sangat mungkin sekali terjadi karena kelalaian seorang teknisi, dalam rangkaian pengendali ini di harapkan siswa dapat memahami cara,dan mengenal komponen-komponen yang sering di gunakan di dunia per industrian.

Text Box: KRITIK DAN SARAN abutsbokers@rocketmail.com tlp. 085722441145 fax 12345678